Jenis Bahan Kain Drill

Kain drill memiliki berbagai macam jenis yang mudah kita temukan di pasaran. Setiap jenis kain tersebut memiliki macam-macam karakteristik dan kemampuan bahan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Berikut beberapa jenis kainnya :

1. Twist Drill atau Twill Drill

Jenis yang pertama yaitu twist drill atau beberapa orang menyebutnya twill drill. Jenis ini memiliki sifat water repellent atau tahan air, sehingga sangat susah untuk ditembus oleh air. Selain itu juga memiliki serat yang tergolong cukup kecil.

Dalam penerapannya, kain ini biasanya sering digunakan untuk kegiatan di luar ruangan (outdoor), contoh seperti jaket almamater dengan tambahan zipper atau resleting.

2. American Drill

Dibanding dengan bahan twist drill, jenis american drill (florida drill) memiliki serat yang lebih besar (medium). Kain ini terbuat dari katun dan polyester, oleh karenanya sifat bahannya lebih lembut. Kain ini juga sangat cocok digunakan untuk membuat jas almamater, maupun seragam yang berhubungan dengan bisnis otomotif.

3. Japan Drill

Jenis selanjutnya yaitu japan drill. Kain ini memiliki ukuran serat yang lebih besar dibandingkan dengan american drill, sehingga sifat kainnya lebih tebal dan kuat. Japan drill memiliki konsentrasi katun yang tinggi, oleh karenanya harganya dapat terbilang cukup mahal. Meskipun tebal, tapi bahannya tetap adem. Dari segi kemampuannya menyerap air maupun keringat, kain ini tergolong recommended.

Beberapa merek terkenal yang menggunakan jenis ini yaitu Nagata Japan Drill, Avana Japan Drill, Taipan Japan Drill, Obor Japan Drill, Verlando Japan Drill, Namura Japan Drill, Passuka Japan Drill, dan Bravada Japan Drill. Dalam penerapannya, kain ini kerap kali digunakan untuk bahan dasar pembuatan seragam lapangan.

4. Hisofy Drill

Hisofy drill atau yang dikenal juga dengan hisoft drill merupakan jenis yang sedikit lebih tinggi tingkatannya (grade) dibanding dengan japan drill. Meskipun memiliki tekstur yang terbilang mirip dengan japan drill, namun karakternya lebih lemas dan lembut.

Sifat sejuk dan nyaman yang ditawarkan, membuat kain ini sangat cocok untuk dikenakan di daerah beriklim tropis hingga panas. Salah satu kekurangan dari jenis ini yaitu pilihan warnanya terbatas.

5. Castilo Drill

Apabila sobat ingin membuat seragam dengan harga yang ekonomis namun kualitasnya tergolong cukup bagus, sobat bisa mencoba jenis castilo drill. Castilo drill memiliki karakter kain yang tidak mudah kusut dan lembut. Tenunannya pun tergolong kuat dan rapat, sehingga seragam akan lebih awet dan tahan lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat